Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3305
Title: Implementasi Metode Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Hasil Belajar Tematik di MI Al Miftah Gunung Sindur Bogor
Authors: Fitri Lailasari, 19312186
Advisor: Siti Istiqomah
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penggunaan metode yang sangat monoton serta media yang tidak mendukung membuat peserta didik kurang tertarik dan menjadikan pembelajaran menjadi membosankan meskipun guru telah menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran. Efek yang ditimbulkan dari tidak fokusnya peserta didik dalam pembelajaran adalah kurangnya hasil belajar peserta didik. Untuk itu salah satu upaya menanggulangi rasa jenuh siswa karena metode belajar yang klasik ialah menggunakan pembelajaran di Luar Kelas (outdoor learning). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran di luar kelas terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas II MI Al Miftah Gunung Sindur Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtida’iyah (MI) Al Miftah Gunung Sindur. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah MI Al Miftah, Wali kelas II MI Al Miftah beserta siswa dan siswi kelas II MI Al Miftah yang berjumlah dua orang. Adapun sumber data sekunder dari penelitian ini yaitu buku, jurnal, dan skripsi yang sesuai dengan pembahasan. Kemudian sumber dokumentasi dari penelitian ini ialah berupa foto dari hasil observasi yang dilakukan selama penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran di luar kelas (outdoor learning). Hal ini dibuktikan dengan mengukur hasil belajar siswa dari segi afektif, kognitif, dan psikomotorik. Dilihat dari aspek afektif, peserta didik menunjukan perilaku aktif dan minat belajar siswa menjadi meningkat. Dari aspek kognitif, menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Dan jika dilihat dari aspek psikomotorik, dengan menerapkan pembelajaran outdoor ini membuat siswa lebih cinta terhadap lingkungannya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3305
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
26-19312186.pdf
  Restricted Access
3.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.