Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3310
Title: Strategi G11ru PAI dalam Me11i11gkatkan Sikap Spiritual Peserta Didik Ke/as VII di MTs Pembangmu,n VIN Jakarta
Authors: Siti Marfu'ah, 19312176
Advisor: Dewi Maharani
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya karakter yang tertanam dalam diri peserta didik sehingga berpengaruh pada sikap yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini perlu adanya strategi guru PAI untuk meningkatkan sikap spiritual peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas VII di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, 4 Guru Pendidikan Agama Islam, dan 6 Peserta Didik Kelas VII MTs Pembangunan UIN Jakarta. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik kelas VII di MTs Pembangunan UIN Jakarta melalui Keteladanan, Pembiasaan, Nasihat, Pengawasan, dan Hukuman yang diberikan kepada peserta didik. Melalui pembiasaan yang dilakukan dalam kegiatan keagamaan seperti HC, dan lain-lain dapat meningkatkan sikap spiritual peserta didik dimana peserta didik tidak lagi berkata kasar, berakhlak baik, memiliki rasa peduli yang tinggi, shalat tepat waktu, dan lain-lain. Hal ini beriringan dengan Keteladanan, Nasihat, Pengawasan, dan Hukuman yang dilakukan oleh guru.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3310
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
31-19312176.pdf
  Restricted Access
3.85 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.