Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3317
Title: Implementasi Program Taḥfīẓ Al-Qur’an dalam Mencapai Target Hafalan di SDIT Insan Kamil Sungai Rumbai Bengkulu
Authors: Silvia Nadila Putri, 19312194
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Al-Qur’an adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi umat manusia. Untuk tetap menjaga keaslian Al-Qur’an, maka harus diwariskan dari generasi ke generasi salah satunya dengan cara hafalan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengevaluasi program menghafal Al-Qur’an di sekolah agar proses mewariskan Al-Qur’an ini berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi program taḥfīẓ Al-Qur’an dalam mencapai target hafalan di SDIT Insan Kamil Sungai Rumbai. Bagaimana kualitas hafalan siswa di SDIT Insan Kamil Sungai Rumbai. Apa saja permasalahan yang terjadi dalam program taḥfīẓ Al-Qur’an di SDIT Insan Kamil Sungai Rumbai. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam meneliti skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program taḥfīẓ Al-Qur’an dalam mencapai target hafalan di SDIT Insan Kamil Sungai Rumbai belum berjalan dengan maksimal, hal ini dapat dilihat dari masih ada siswa yang belum mampu mencapai target hafalannya yang telah ditentukan. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, seperti masih kurangnya metode yang digunakan, kurangnya motivasi menghafal dalam diri siswa, masih ada siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan makhraj dan tajwid yang benar, serta siswa yang belum bisa membagi waktu dengan baik. Namun kualitas hafalan siswa tergolong baik karena program tahfiz ini lebih focus terhadap kualitas hafalan daripada kuantitas hafalannya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3317
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
38-19312194.pdf
  Restricted Access
3.28 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.