Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3319
Title: | Penerapan Metode Talaqqi Pada Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di SDIT Al-Iman Bojongsari Depok |
Authors: | Siti Auliya Fitriyani, 19312175 |
Advisor: | Romlah Widayati |
Issue Date: | 2023 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an siswa SDIT Al-Iman. penlitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Talaqqi pada pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an, namun penulis hanya terfokuskan pada pembelajaran dengan metode Talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode talaqqi pada pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di SDIT Al-Iman Bojongsari Depok, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan pernghambatnya serta solusi dalam menghadapi hambatan tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode Talaqqi yang digunakan dalam pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di SDIT Al-Iman Bojongsari Depok dilakukan dengan 4 kegiatan utama sebagai berikut : Pertama, pembukaan. Kedua, kegiatan inti pembelajaran yang meliputi proses menghafal, proses setoran ayat, dan muroja’ah surat yang telah dihafalkan. Ketiga, kegiatan penutup. Keempat, kegiatan evaluasi yang meliputi harian, tengah semester, dan akhir semester. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3319 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
40-19312175.pdf Restricted Access | 4.51 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
40-19312175_Publik.pdf Restricted Access | 2.12 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.