Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3328
Title: eran Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 MI Asy-Syarifiyah Cikampek
Authors: Madinah Adawiyah, 19312127
Advisor: Hulailah Istiqlaliyah
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Kompetensi Profesional Guru merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan mutu dan kualitas pembelajaran siswa. Sebagian besar masalah pendidikan adalah berasal dari proses pelaksanaan pembelajaran, hal ini menjadi tanggung jawab yang besar bagi guru agar selalu memaksimalkan kinerjanya agar dapat menghasilkan siswa yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan peran kompetensi profesional guru dalam melaksanakan pembelajaran dan pengaruhnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa/siswi kelas 5 di MI Asy-Syarifiyah kurang optimal. Kurang maksimalnya kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan menumbuhkan motivasi dalam diri siswa menjadi salah satu faktor siswa/siswi kelas 5 di MI Asy-Syarifiyah kurang termotivasi dalam belajar. Indikator-indikator motivasi yang telah disebutkan tidak terpenuhi oleh siswa ketekunan dan keuletan siswa yang masih belum optimal, kurangnya rasa percaya diri siswa terhadap kemampuannya sendiri dan merasa kesulitan ketika diberi soal berupa pemecahan masalah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3328
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
49-19312127.pdf
  Restricted Access
1.76 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.