Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3330
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nadjematul Faizah | - |
dc.contributor.author | Ratu Bilqis, 19312090 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-09T09:14:03Z | - |
dc.date.available | 2023-11-09T09:14:03Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3330 | - |
dc.description.abstract | Berdasarkan pengamatan penulis, SDIT At-Taqwa Garuda memiliki akreditasi A dan memiliki banyak prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Dengan adanya prestasi-prestasi yang dihasilkan siswa SDIT At-Taqwa Garuda tersebut membuat penulis ingin mengetahui bagaimana peraturan tata tertib yang di tegakkan di sekolah tersebut serta kondisi kedisiplinannya. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran Guru PAI dalam mendisiplinkan siswa SDIT At-Taqwa Garuda. Pada penelitian ini penulis mengunakan pedoman tentang 13 peran guru, Tetapi penulis hanya mengambil 4 dari 13 teori tersebut yaitu peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai pengelola kelas, peran guru sebagai evaluator, dan peran guru sebagai motivator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Jumlah informan terdiri dari kepala sekolah, 1 orang Guru PAI, 1 orang Guru bagian kesiswaan, 1 wali kelas, 5 orang siswa, dan 1 penjaga kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan di SDIT At-Taqwa sudah berjalan baik. Faktor pendukungnya ialah kordinasi yang baik antara Guru PAI dan bagian kesiswaan dalam menjalankan SOP atau tata tertib sekolah. Dimana siswa yang melanggar tata tertib dapat di disiplinkan karena ada tindak lanjut hukuman sehingga yang awalnya tidak baik menjadi lebih baik. Faktor penghambatnya ialah jarak antara rumah dan sekolah yang jauh, kecelakaan kecil seperti ban motor yang kempes, dan masih ada siswa yang bangun kesiangan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Peran, | en_US |
dc.subject | Kedisiplinan | en_US |
dc.subject | Guru Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendisiplinkan Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VI SDIT At-Taqwa Garuda) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
51-19312090.pdf Restricted Access | 4.43 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
51-19312090_Publik.pdf Restricted Access | 1.16 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.