Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3352
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Reksiana | - |
dc.contributor.author | Fildzah Azzayani, 19312121 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-10T03:41:01Z | - |
dc.date.available | 2023-11-10T03:41:01Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3352 | - |
dc.description.abstract | Banyak fakta bahwa banyak anak-anak yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, lalu penggunaan metode yang hanya fokus pada capaian membaca membuat anak-anak merasa bosan saat belajar, sehingga peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di SDIT Permata Papua. Metode yang peneliti digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa seperti fasih dalam melafazkan ayat Al-Qur’an, memahami ilmu tajwid, memahami makhorijul huruf, dan mencintai membaca Al-Qur’an melalui implementasi metode Wafa dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SDIT Permata Papua. Dalam melakukan pembelajaran, metode Wafa menggunakan tahapan 5P, yaitu pembukaan, pengalaman, pengajaran, penilaian, dan penutupan. Implementasi metode wafa menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yaitu pola pembelajaran yang dilakukan melalui pendekatan pengajaran yang mendorong siswa untuk belajar dalam lingkungan yang positif dengan menerapkan konsep TANDUR, yaitu tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Implementasi metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an berjalan dengan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang mana dapat dibuktikan dengan siswa yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam pelaksanaan kegiatan membaca Al-Qur’an menggunakan metode Wafa di SDIT Permata Papua sudah sesuai dengan kompetensi yang sudah tersedia, dengan menggunakan media yang tersedia di sekolah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Wafa, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Membaca Al-Qur’an | en_US |
dc.subject | Quantum Teaching, | en_US |
dc.title | Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SDIT Permata Papua | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
73-19312121.pdf Restricted Access | 2.54 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
73-19312121_Publik.pdf Restricted Access | 1.09 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.