Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3484
Title: Tipologi Resepsi Taḥfīẓ Al-Qur’ān (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Yatim dan Dhuafa Nurul Huda, Tangerang)
Authors: Fathiyyah Khansa, 19211182
Advisor: Abdul Rosyid
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini membahas mengenai tipologi resepsi taḥfīẓ Al-Qur’ān di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Yatim dan Dhuafa Nurul Huda. Penelitian ini berangkat dari fenomena yang sedang marak terjadi di masyarakat, yaitu keantusiasan masyarakat terhadap kegiatan taḥfīẓ Al-Qur’ān. Ini dibuktikan dengan banyaknya lembaga pendidikan yang ikut menghadirkan program taḥfīẓ Al-Qur’ān di sekolahnya. Hal ini melahirkan banyaknya ragam respons terhadap kegiatan menghafal Al-Qur’an. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menggali lebih jauh resepsi santri Ponpes Tahfidzul Qur’an Yatim dan Dhuafa Nurul Huda terhadap taḥfīẓ Al-Qur’ān. Penulis menggunakan penelitian lapangan (field research) untuk mengidentifikasi data yang ada di Ponpes Tahfidzul Qur’an Yatim dan Dhuafa Nurul Huda dan menggunakan teori resepsi Al-Qur’an yang dipelopori oleh Ahmad Rafiq sebagai landasan untuk memandu kegiatan penelitian penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan taḥfīẓ Al-Qur’ān di Ponpes Tahfidzul Qur’an Yatim dan Dhuafa Nurul Huda diresepsi secara estetis dan fungsional. Gejala estetis terlihat melalui pembacaan Al-Qur’an dengan menggunakan nagam menjadikan hafalan semakin melekat. Secara fungsional taḥfīẓ Al-Qur’ān diresepsi sebagai cara untuk mengangkat derajat diri sendiri dan orangtua, sebagai kegiatan dalam penjagaan kalamullah, sebagai kegiatan yang dapat membentuk akhlāq al-kārimah, sebagai jalan datangnya rezeki, dan memberikan rasa ketenangan dalam hati bagi para pembacanya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3484
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101-19211182.pdf
  Restricted Access
2.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.