Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/351
Title: Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Tahfizh Surat Nuh (Studi kasus siswa kelas 2 MI Mumtaza Islamic School Kecamatan Pamulang, Kabupaten Tangerang, provinsi Banten)
Authors: Litakuna Karima, 10311006
Advisor: Umi Khusnul Khotimah
Issue Date: 2014
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Skripsi ini meneliti tentang penggunaan metode drill terhadap prestasi belajar mata pelajaran tahfizh surat Nuh di kelas 2 MI. Metode ini dilakukan sejak berdirinya sekolah mumtaza tahun 2009. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak dalam penggunaan metode drill terhadap prestasi belajar mata pelajaran tahfizh surat Nuh. Dengan adanya penelitian ini terbukti bahwa adanya pengaruh penggunaan metode drill terhadap prestasi belajar mata pelajaran tahfizh surat Nuh di kelas 2 MI Mumtaza. Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan adalah teknik random sampling dengan penentuan sample sebanyak 30 siswa kelas 2 MI. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan teknik korelasi produk momen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang kuat penggunaan metode drill terhadap prestasi belajar mata pelajaran tahfizh surat Nuh di kelas 2 MI. Hal ini dibuktikan dengan besarnya rxy = 0,733 yang besarnya berkisar antara 0,70-0,90 berarti antara metode drill (variabel X) dan prestasi belajar anak (variabel Y) memiliki korelasi yang kuat. Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/351
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
10311006.pdf3.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.