Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3643
Title: Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Keagamaan Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri I Tarumajaya Bekasi
Authors: Siti Nuraenun, 00310580
Advisor: Soewarno Imam
Issue Date: 2005
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Remaja adalah generasi yang melanjutkan cita-cita luhur bangsa. Melalui penelitian tentang pendidikan agama Islam dalam menanamkan pemahaman keagamaan anak didik diharapkan akan dapat menciptakan generasi penerus yang intelek dan beradab. Bagaimanapun agama adalah fondasi dasar dalam kehidupan manusia. Karena itu pendidikan keagamaan dalam menanamkan pemahaman keagamaan bagi para siswa khususnya siswa SMA jelas sekali urgensinya. Salah satu dampak kurangnya pemahaman tentang agama bagi para siswa adalah terjadinya kemerosotan moral, seperti banyak terjadi di kota-kota besar. Pendidikan agama yang dibahas di sini adalah pendidikan agama Islam. Dilihat dari segi penanaman keagamaan, sebenamya agama Islam tidak tepat bila diberikan dengan cara pengajaran lebih tepat diberikan melalui pendidikan. Jadi mata pelajaran agama seharusnya tidak disamakan dengan mata pelajaran yang lain, yang umumnya diberikan dengan cara pengajaran. Dengan demikian khusus mata pelajaran agama, Islam di samping diberikan dengan pengajaran harus pula diberikan dengan pendidikan. Karena pengajaran hanya menyampaikan informasi pengetahuan atau yang bersifat kognitif, sedang pendidikan agama Islam lebih mengutamakan pengamalan ajaran agama Islam. Sebagaimana diketahui Islam adalah agama yang berisi tentang ajaran tata hidup yang diturunkan Allah kepada manusia melalui nabi Muhammad SAW
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3643
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Nuraenun FULL.pdf
  Restricted Access
1.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.