Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3652
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas III SDN Panjangjaya 1 Pandeglang Banten
Authors: Yulia Ayuningtias, 19312101
Advisor: Kurnia Akbar
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Al-Qur’an sebagai sumber atau pokok ajaran agama Islam yang diturunkan oleh Allah Swt. Namun, faktor dari masalah yang diketahui pada pendidikan formal masih Kurangnya minat peserta didik terhadap pembelajaran Al-Qur’an, kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. oleh karena itu, untuk membantu peserta didik dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka guru harus mencari solusi dengan menggunakan model pembelajaran Al-Qur’an yang tepat salah satunya yaitu model cooperative learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh model cooperative learning terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an. jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket kepada siswa kelas III yang berjumlah 17 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji regresi linear sederhana sebesar 3,552 > 2,131, hal ini terbukti bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% sehingga dapat Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model cooperative learning (X) terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an (Y) sebesar 45,7%, sedangkan sisanya yaitu 54,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3652
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
99-19312101.pdf
  Restricted Access
2.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.