Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3656
Title: Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran PAI di SD Kharisma Bangsa Kota Tangerang Selatan
Authors: Wardatul Rahmi, 20312272
Advisor: Reksiana
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang sering terjadi dalam dunia pendidikan yaitu terletak pada lemahnya dalam proses pembelajaran, dalam kegiatan pembelajaran siswa lebih banyak membahas secara teori, sehingga menyebabkan rasa bosan pada diri siswa, metode dan media yang digunakan oleh guru tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran game edukasi wordwall untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI dan untuk mengambarkan cara penggunaan media game edukasi wordwall serta hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pemanfaatan media pembelajaran edukasi wordwall di SD Kharisma Bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Objek penelitian di SD Kharisma Bangsa kota Tangerang Selatan. Informan dalam penelitian ini kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, wali kelas serta siswa-siswi kelas IV yang terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 temuan dalam penelitian ini diantaranya, pertama penggunaan media game edukasi wordwall dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, kedua implikasi game wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran, membantu siswa dalam memahami materi dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menghilangkan kejenuhan siswa. ketiga terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam menggunakan media game wordwall yaitu kemungkinan terjadi kecurangan dalam menjawab soal dan ketika menjawab soal siswa hanya ikut-ikutan serta guru harus mampu menyusun soal secara bervariasi.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3656
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2-20312272.pdf
  Restricted Access
4.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.