Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3667
Title: Unifikasi Metode Maisura dan Sajak Tajwid dalam Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Tajwid (Kelas VIII MTs Yaspenjap Kabupaten Serdang Bedagai)
Authors: Ainun Mardhiyah, 221430305
Advisor: Abdul Halim Sholeh
Ahmad Syukron
Issue Date: 2024
Publisher: Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Metode pembelajaran Al-Qur`an tidak semuanya sama, artinya semua metode pembelajaran Al-Qur`an berjenjang dalam mempelajarinya. Seperti jenjang pemula, jenjang menengah, dan jenjang Mahir (advance). Dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) peserta didik mengeluhkan kesulitan dalam membaca Al-Qur`ān , padahal turunnya Al-Qur`ān dengan sab`atu Ahruf, maka bacalah Al-Qur`ān dengan cara yang paling mudah. Dari permasalahan tersebut terbitlah pengembangan bahan ajar yang menjadi sapu jagat solusi untuk para peserta didik. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggabungan dalam mengembangkan bahan ajar Metode Maisûrâ dan Sajak Tajwid yang dalam meningkatkan kompetensi diri membaca Al-Qur`ān yang baik dan benar dan menyesuaikan bagaimana penerapan bahan ajar ilmu tajwid dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber penelitian berupa sumber data primer yang diperoleh melalui observasi secara langsung di madrasah, asrama dan tempat pelaksanaan metode Maisûrâ dan Sajak Tajwid. Sementara data sekunder berupa dokumen-dokumen, tesis, disertasi, buku dan jurnal. Adapun hasil dari penelitian ini ialah satu pengembangan bahan ajar ini dapat menyesuaikan dengan mudah dan menghasilkan perubahan yang baik secara kompetensi pengetahuan maupun keterampilan dalam membaca Al-Qur`ān. Dua dalam penerapan pengembangan bahan ajar ini menggunakan beberapa metode yaitu metode keteladanan, metode nasehat (mau`idzoh) metode peringatan, metode kedisiplinan, metode reward dan panishment, metode targhîb dan tarhîb (motivasi dan ancaman), metode dialog dan tanya jawab, metode latihan dan pembiasaan. Dibuktikan dengan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada kelas VIII pada hari Senin jam pelajaran ke 3-4 dengan Asumsi waktu 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 40 menit.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3667
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
221430305_Ainun Mardhiyah.pdf
  Restricted Access
221430305_Tesis6 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.