Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3739
Title: “Strategi Guru Al-Qur’an Dalam Membimbing Pembelajaran Taḥfīẓ Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SDIT Al-Lauzah Kota Tangerang Selatan
Authors: Zulfa Nur Fadhilah, 20312273
Advisor: Yanti Susanti
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Studi ini didorong oleh kenyataan bahwa banyak anak berkebutuhan khusus tidak memperoleh pendidikan yang memadai, dan jarang ada yang menyadari bahwa mereka juga mampu belajar, terutama dalam pembelajaran tahfidz.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi atau metode yang diterapkan oleh guru Al-Qur’an dalam mengajarkan Taḥfīẓ kepada anak berkebutuhan khusus kategori lamban belajar (slow learner). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek SDIT Al-Lauzah. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an, wali kelas siswa berkebutuhan khusus, serta dua siswa lamban belajar (slow learner) dikelas 2 dan 3 yang menjadi objek. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Al-Qur’an dalam mengajarkan Taḥfīẓ pada anak (slow learner) mencakup pada 4 hal, (1) Pembelajaran tatap muka (face to face) guru dengan siswa duduk berhadapan dengan anak (slow learner), (2). Gaya belajar auditori pada anak (slow learner) yakni pembelajaran melalui telinga, (3) Metode Drill yakni pengulangan pengulangan, (4) Media pembelajaran menggunakan boneka hafalan. Kemudian kendala siswa berkebutuhan khusus ketika pembelajaran yakni focus dan mood anak yang tidak stabil dan kelemahan pada ingatan nya, untuk solusi dalam menghadapi kendala tersebut guru Al-Qur’an memberikan pemahaman kepada anak (slow learner), memberikan motivasi kepada anak (slow learner), dan memberikan tugas berupa voice note agar siswa tetap belajar walapun di rumah
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3739
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
9-20312273.pdf
  Restricted Access
2.84 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
9-20312273_Publik.pdf
  Restricted Access
1.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.