Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/400
Title: Pengaruh Daya Sensor Panca Indera Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Darul Ma’arif Jakarta)
Authors: Selvy Yuspitasari, 11311095
Advisor: Ahmad Syfi’ie Noor
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Kajian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang ketika belajar memiliki cara yang berbeda-beda ketika menerima informasi atau menyerap materi pelajaran, sehingga ada dugaan bahwa cara-cara seperti itu akan mempengaruhi hasil belajar siswa terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui cara belajar siswa yang cenderung pada penggunaan indera visual, auditori, atau kinestetik; 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa khususnya Pendidikan Agama Islam; 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kekuatan stimulus yang ditangkap panca indera dalam pembelajaran siswa kelas XI IPA SMA Darul Ma’arif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik analisis product moment , dan menggunakan angket dan observasi untuk memperoleh data-data. Dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment, bahwa dengan df sebesar 22, pada taraf signifikan 5% diproleh r tabel = 0,404 , sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh r tabel = 0,515. Ternyata rxy atau ro pada taraf signifikansi 5% lebih kecil dari pada r tabel, maka pada taraf signifikansi 5% Hipotesis Alternatif (Ha) ditolak sedangkan Hipotesis Nol (Ho) diterima, berarti bahwa pada taraf signifikansi antara variabel X dan variabel Y tidak terdapat korelasi positif yang signifikan. Selanjutnya, karena pada taraf signikansi 1% rxy atau ro adalah lebih kecil daripada r tabel (0,106 < 0,515), maka pada taraf signifikansi 1% itu Hipotesis nol (Ho) disetujui atau diterima sedangkan Hipotesis Alternatif ditolak. Ini berarti bahwa untuk taraf signifikansi 1% itu tidak terdapat korelasi positif yang signikan antara variabel X dan variabel Y.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/400
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11311095.pdf
  Restricted Access
1.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.