Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/412
Title: Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Menulis Tulisan Pegon” (Studi Kasus Siswa Kelas IV MI Nurussibyan Sepat kerep Karawang)
Authors: Hilda Amelia, 12311116
Advisor: Artani Hasbi
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Kitab kuning merupakan salah satu kitab yang sangat penting untuk dikaji, akan tetapi semakin berkembangnya zaman, kitab kuning semakin terlupakan. Kitab kuning kebanyakan dipakai di pesantren-pesantren. Tidak jarang orang yang tidak bisa membaca kitab tersebut. Ketika membicarakan kitab kuning maka tidak terlepas dari kata “memaknai”. Untuk memaknai suatu kitab biasanya menggunakan tulisan pegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami korelasi antara kemampuan membaca kitab kuning dan menulis tulisan pegon pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurussibyan Sepat Kerep Karawang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mencari hubungan antara variabel yang diteliti yaitu korelasi antara kemampuan membaca kitab kuning dengan menulis tulisan pegon. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara membaca kitab kuning dengan menulis tulisan pegon pada siswa-siswi kelas IV MI Nurussibyan Sepat Kerep, Karawang. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang memperoleh nilai sebesar 0,3465 dengan r tabel masingmasing sebesar 0,361 taraf signifikan 5% dan 0,463 taraf 1% dari perolehan df sebesar 28. Maka dengan demikian ro lebih kecil dari r tabel baik pada taraf 5% atau 1%.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/412
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311116.pdf
  Restricted Access
8.7 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.