Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/413
Title: Korelasi MTQ dengan Kelancaran Hafalan Mahasiwa
Authors: Hilda Nur Afifah, 12311117
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penulisan skripsi ini ialah seperti yang kita ketahui banyak sekali metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an seperti klasikal, sima’i, talaqqi, matematika jari dll. Dari berbagai metode yang telah ada dan telah digunakan dimasyarakat, sebagai bahan uji dan melihat kualitas hafalan Al-Qur’an seseorang, penulis ingin mengetahui apakah ajang musabaqah yang sering diminati oleh banyak kalangan termasuk dalam salah satu metode guna menguji kualitas hafalan Al-Qur’annya, seberapa besar penguasaannya terhadap ayat-ayat yang telah ia hafal. Dengan perumusan masalah terdapat korelasi atau tidak antara musabaqah cabang Hifzil Qur’an dengan kelancaran hafalan mahasiswa di IIQ yang telah mengikuti ajang tersebut. sebesar apa pengaruhnya MTQ terhadap kelancaran hafalan yang ia punya. Penelitian ini menggunakan metode Pendekatan kuantitatif dan penelitian survey, penelitian survey merupakan metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar-variabel. Penelitian survey memiliki tujuan utama yaitu untuk mengumpulkan informasi tentang variabel dari sekelompok objek (populasi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ajang musabaqah mempunyai pengaruh yang sedang dalam memotivasi dan meningkatkan kualitas hafalan mahasiswa. Karna dengan mengikuti ajang musabaqah tersebut, maka ia akan berusaha menjadi yang terbaik, dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan lebih banyak muroja’ahnya. Dan terbukti dari beberapa mahasiswa yang telah memiliki hafalan jauh dari sebelum masuk IIQ, namun ia belum pernah mengikuti MTQ, setelah dapat bimbingan, arahan serta ilmu melalui pembinaan tahfidz di IIQ, ia berhasil meraih juara 2 dalam 2 tahun berturut-turut. Dengan demikian terlihat jelas bahwa kualitas hafalan mahasiswa tersebut meningkat dari segi kelancaran serta kefashihannya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/413
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311117.pdf
  Restricted Access
6.44 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.