Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4156
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sri Tuti Rahmawati | - |
dc.contributor.advisor | Fajar Syarif | - |
dc.contributor.author | Umi Kalsum, 223430384 | - |
dc.date.accessioned | 2025-03-19T05:12:35Z | - |
dc.date.available | 2025-03-19T05:12:35Z | - |
dc.date.issued | 2025 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4156 | - |
dc.description.abstract | Tesis ini bertujuan untuk memaparkan proses pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf, mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf, mengidentifikasikan relevansinya untuk men|ingkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an di Sekolah Guru Ngaji Pesantren takhasus IIQ Jakarta menggunakan Tahsin Metode Bagdadi. Metode penelitian menggunakan teknik analisis data dalam penelitian kualitatif, data diperoleh dari observasi di Sekolah Guru Ngaji, wawancara dengan penyusun Tahsin Metode Bagdadi, pengasuh, pengurus dan peserta didik Sekolah Guru Ngaji penul|is menggunakan tekn|ik pengambilan data berupa tekn|ik sampl|ing snowball yang merupakan sebuah metode untuk meng|ident|if|ikas|i, memilih, dan mengamb|il sampel dalam suatu jar|ingan atau ranta|i hubungan yang menerus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf dalam rangka meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran melalui Metode Bagdadi di Sekolah Guru ngaji Pesantren Takhasus IIQ Jakarta ada tiga, yaitu a) Perencanaan yang meliputi pretest, membagi beberapa kelompok, menyiapkan media dan sumber belajar, dan membuat rubrik penilaian; b) Pelaksanaan yang meliputi pembacaan Sajak Tajwid sebelum berdoa, selanjutnya strategi S.U.B.U.H (salam, ulang, beri, uji dan hamdalah); c). Evaluasi pada setiap selesai talaqqi dan selesai pembahasan suatu materi untuk mengetahui hasil dari proses kegiatan pembelajaran. 2) Strategi dan metode yang diterapkan dalam pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf adalah strategi pembelajaran langsung dengan menerapkan metode ceramah, praktik dan demonstrasi. Dan juga strategi pembelajaran tidak langsung dengan menerapkan metode tanya jawab dan latihan. 3) Relevansi pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik adalah a) Peserta didik sadar untuk mengucapkan huruf demi huruf dengan bahasa yang fasih.; b) Peserta didik sadar terhadap pentingnya belajar makharij al-huruf dan sifat al-huruf untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an; c) Peserta didik mampu menerapkan makharij al-huruf dan sifat al-huruf dalam bacaan Al-Qur’annya dan berupaya untuk menjaga kemurnian bacaan Al-Qur’an. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Program Pascasarjana IIQ Jakarta | en_US |
dc.subject | Makharij Al-Huruf | en_US |
dc.subject | Sifat Al-Huruf | en_US |
dc.subject | Metode Bagdadi | en_US |
dc.title | Pembelajaran Makharij Al-Huruf dan Sifat Al-Huruf dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Melalui Metode Bagdadi di Sekolah Guru Ngaji Pesantren Takhasus IIQ Jakarta | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
223430384_Umi Kalsum.pdf Restricted Access | 223430384_Tesis | 3.26 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.