Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/421
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorNenden Fachriyah, 12311124-
dc.date.accessioned2020-01-22T10:05:26Z-
dc.date.available2020-01-22T10:05:26Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/421-
dc.description.abstractMetode Bagdadi merupakan panduan membaca Al-Qurˊan tertua yang pada umumnya biasa disebut dengan metode “Eja”. PPQ (Pusat Pembelajaran Al-Qurˊan) Al-Muhajirin Bukit Pamulang Indah telah menggunakan Metode Bagdadi untuk pengenalan dasar huruf-huruf hijaiyah beserta makhraj dan sifatnya dalam mempelajari bacaan Al-Qurˊan. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui penerapan Metode Bagdadi dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qurˊan. Dari kajian teoritis, penulis memaparkan sejarah penyusunan, pengertian, karakteristik, serta kekurangan dan kelebihan seputar Metode Bagdadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan tes lisan bacaan Al-Qurˊan . Adapun teknik analisis data penulis melaui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qurˊan dengan diiringi pembelajaran metode bagdadi hasilnya cukup baik. Dimana perolehan nilai rata-rata hasil tes kemampuan membaca Al-Qurˊan dengan skor 61-70 (rendah) kelancaran 7.8%, tajwid 5.2%, dan makhraj 5.2%. Skor 71-80 (sedang) mencapai nilai kelancaran 18.4%, tajwid 47.3%, dan makhraj 42.1%. Skor 81-90 (tinggi) dengan nilai kelancaran 73.6%, tajwid 47.3%, dan makhraj 52.6%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPenerapan, Bagdadi, Al-Qur'anen_US
dc.titlePenerapan Metode Bagdadi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qurˊan di PPQ Al-Muhajirin Bukit Pamulang Indahen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311124.pdf
  Restricted Access
2.17 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.