Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/423
Title: Peran Teman Dekat Dalam Peningkatan Prestasi Mata Pelajaran Akhlak Santri Putri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Ihya „Ulumaddin Kesugihan Cilacap)
Authors: Nilnaa Almuna, 12311126
Advisor: Artani Hasbi
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Dalam teknik pengumpulan data, peneliti memaparkan peran teman dekat dalam peningkatan prestasi mata pelajaran di Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis mengetahui bahwasannya ada beberapa faktor yang ikut berperan diantaranya lingkungan seperti dewan pengasuh, pengurus dan teman. Semua santri di Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin hidup berbaur dengan berbagai macam santri dan lingkungan yang beragam. Dan memiliki teman dekat yang dianggap paling bisa memahaminya kadang mereka terbawa dengan temantemannya, asal mulanya santri itu berprestasi jadi menurun sebaliknya juga kadang-kadang santri tidak berprestasi bisa menjadi berprestasi dan mengalahkan para santri yang berprestasi, itu disebabkan karena salah dalam memilih teman bergaul. Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa kesimpulannya dari data yang diperoleh dari hasil wawancara bahwa peran teman dekat di pondok pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin putri Kesugihan Cilacap adalah bahwa pergaulan itu sangat berperan penting terhadap prestasi seorang siswa karena dari pergaulan santri itu dapat membuat karakter atau sikapnya masing-masing. Jika pergaulan itu baik maka prestasi seorang santri akan cenderung akan baik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/423
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311126.pdf
  Restricted Access
3.36 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.