Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/429
Title: Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Babatan IV Surabaya
Authors: Roihana Waliyyul Mursyidah, 12311133
Advisor: Herman
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Babatan IV Surabaya. Penelitian ini adalah merupakan penelitian survey dengan subjek penelitian kelas V (lima) pada tahun ajaran 2015/ 2016. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya menggunakan pembuatan tabel distribusi frekuensi terhadap angket dan tabel distribusi frekuensi relatif terhadap nilai akhir semester genap pada tahun ajaran 2015/ 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap peningkatan prestasi siswa di SDN Babatan IV Surabaya. Ini terbukti dari respon siswa terhadap penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang cukup baik dan hasil dari nilai akhir ujian siswa semuanya melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Dengan demikian maka dalam penelitian ini Hipotesa Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesa Alternatif (Ha) diterima. Jadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Babatan IV Surabaya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/429
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311133.pdf
  Restricted Access
934.73 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.