Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4294
Title: Implementasi al-Qur’an Braille Dalam Meningkatkan Baca Tulis Qur’an Di Yayasan Mitra Netra Lebak Bulus Jakarta Selatan
Authors: Dira Fitri Azzahra, 20312321
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kewajiban setiap muslim dalam membaca Al-Qur’an, namun tidak semua kalangan umat muslim dapat membacanya, terutama bagi penyandang disabilitas tunanetra. Oleh karena itu penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk membantu tunanetra dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dengan huruf braille. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan data dengan menggunakan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pengenalan huruf braille latin kemudian jika sudah dikuasai akan mengikuti ke baca tulis braille lalu akan diarahkan ke Iqro braille sebelum berlanjut ke Al-Qur’an braille. Kemudian metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu metode drill dan talaqi. Dalam metode yang digunakan tentunya terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran Al-Qur’an braille. Seperti kurang timbulnya huruf Al-Qur’an braille yang digunakan, metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan tiap siswa, indra peraba tiap siswa yang berbeda-beda, canggihnya teknologi yang menyebabkan tunanetra menjadi malas membaca Al-Qur’an dengan Al-Qur’an braille, semangat dan keseriusan siswa dalam belajar, maupun adanya dukungan motivasi dari orang tua.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4294
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
94-20312321.pdf
  Restricted Access
3.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
94-20312321_Publik.pdf
  Restricted Access
934.38 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.