Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4295
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEka Naelia Rahmah-
dc.contributor.authorKhairunisa Nursaidah, 19312159-
dc.date.accessioned2025-11-25T05:12:13Z-
dc.date.available2025-11-25T05:12:13Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4295-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena Pendidikan karakter yang saat ini harus menjadi suatu kewajiban bagi seluruh instansi pendidikan, karena dengan pendidikan karakter menjadikan peserta didik tidak hanya menjadi cerdas, mempunyai budi pekerti, sopan santun tetapi juga memiliki jiwa yang kuat. Hal ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui penerapan budaya madrasah di MIN 4 Jakarta Selatan. Penelitian Ini Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah satu Wakil Kepala bagian kurikulum, dua Wali kelas, satu guru, dan empat orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui budaya madrasah di MIN 4 Jakarta Selatan berjalan dengan baik. Implementasi pendidikan karakter dapat terbentuk melalui beberapa karakter, diantaranya: Kereligiusan, melalui kegiatan pembacaan doa pagi dan tadarus Al-Qur'an. Kejujuran, seperti memberikan teladan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Kepedulian, melalui kegiatan mengunjungi teman yang sakit. Kedisiplinan, melalui kegiatan dengan pembiasaan datang ke sekolah tepat waktu tepat waktu. Tanggung jawab, melalui kegiatan pemberian tugas saat masa pembelajaran. Budaya madrasah dapat terbentuk melalui kegiatan pembiasaan diantaranya melalui kegiatan rutin seperti solat berjamaah, melalui kegiatan spontan seperti aturan membuang sampah pada tempatnya, melalui keteladanan seperti bertutur sapa yang baik kepada sesama dan melalui pengkondisian seperti menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mendukung proses pembelajaranen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectBudaya Madrasahen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Madrasah di MIN 4 Jakarta Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
95-19312159.pdf
  Restricted Access
2.98 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
95-19312159_Publik.pdf
  Restricted Access
1.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.