Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4308
Title: Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Salat Dhuha Di SD Islam Ruhama Cireundeu
Authors: Masyitah Salsabila, 21312416
Advisor: Hulailah Istiqlaliyah
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pendidikan tidak hanya menekankan aspek akademik tetapi juga pembentukan karakter religius sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pembiasaan shalat dhuha. SD Islam Ruhama menerapkan pembiasaan ini secara rutin terutama di kelas VI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalisis bagaimana implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan shalat dhuha pada kelas VI SD Islam Ruhama Cireunde. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, wawancara dilakukan kepada 8 orang responden yaitu, Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan 6 Siswa Kelas 6. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan shalat dhuha di SD Islam Ruhama Cireundeu sudah berjalan dengan baik dan sistematis, kegiatan ini dilaksanakan rutin sebelum proses pembelajaran dengan dukungan guru sebagai teladan, pengawas sekaligus motivator. Pembiasaan shalat dhuha terbukti menumbuhkan sikap religius siswa seperti ketaatan beribadah, kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, serta kebiasaan berbuat baik, baik disekolah maupun di rumah.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4308
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12-21312416.pdf
  Restricted Access
2.55 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
12-21312416_Publik.pdf
  Restricted Access
832.88 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.