Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4311
Title: Efektivitas Metode Murajaah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Quran Siswa SDIT Al-Azkar Pamulang
Authors: Wulan Maghfirah, 21312481
Advisor: Hulailah Istiqlaliyah
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya murāja’ah sebagai sarana untuk menjaga, memperkuat, serta meningkatkan hafalan siswa dari aspek tajwid, faṣāḥah, dan kelancaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode murāja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di SDIT Al Azkar Pamulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru tahfiz, serta empat siswa kelas 5 SDIT Al Azkar Pamulang. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode murāja’ah dilaksanakan melalui beberapa bentuk, yaitu murāja’ah harian bersama wali kelas, murāja’ah mutqin mingguan, murāja’ah berpasangan (musyāfahah), serta talaqqi bersama guru tahfiz. Pelaksanaan metode ini terbukti efektif dalam menjaga hafalan siswa agar tidak mudah hilang sekaligus memperbaiki kualitas bacaan. Efektivitas tersebut terlihat dari meningkatnya ketepatan bacaan tajwid, kefasihan (faṣāḥah), serta kelancaran hafalan siswa. Siswa yang konsisten melaksanakan murāja’ah menunjukkan hasil hafalan yang lebih kuat, lancar, dan minim kesalahan dibandingkan siswa yang tidak rutin.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4311
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15-21312481.pdf
  Restricted Access
3.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15-21312481_Publik.pdf
  Restricted Access
937.6 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.