Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4322
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Istiqomah-
dc.contributor.authorKamilatuzahra, 21312402-
dc.date.accessioned2025-11-25T08:01:09Z-
dc.date.available2025-11-25T08:01:09Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4322-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya teknologi, khususnya di bidang pendidikan. Di era saat ini, kemajuan teknologi tdak hanya mengubah metode pembelajaran, tetapi juga mempengaruhi berbagai aspek dalam dunia pendidikan. Seiring berjalannya waktu, pemanfaatan teknologi yang sesuai dapat menunjang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dengan lebih optimal. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dimanfaatkan di lingkungan sekolah adalah game educaplay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan game educaplay dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Jam’iyyatul Khair Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Subjek dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran Sejarah Kebudyaan Islam, serta empat siswa kelas VIII A. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi media pembelajaran interaktif berupa game educaplay dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Jam’iyyatul Khair berlangsung secara efektif. Pelaksanaannya menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan bantuan game educaplay berjalan lancar, ditandai dengan kemampuan guru dalam menyampaikan materi yang cukup jelas serta keterampilan dalam mengoperasikan platform teknologi tersebut yang sangat baik. Siswa pun menunjukkan peningkatan motivasi dalam belajar sejarah Kebudayaan Islam, terlihat dari rasa ingin tahu yang tinggi, antusiasme dalam menyelesaikan tugas, kedisiplinan dalam mengumpulkan tugas tepat waktu, dan hasil nilai yang dicapai siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memenuhi standar KKMen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Interaktifen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.subjectGame Educaplayen_US
dc.titleImplementasi Media Pembelajaran Interaktif Game Educaplay dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Jam’iyyatul Khair Ciputat Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
27-21312402.pdf
  Restricted Access
3.85 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
27-21312402_Publik.pdf
  Restricted Access
1.43 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.