Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4333
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Rohmah-
dc.contributor.authorEka Nurojiyati, 21312375-
dc.date.accessioned2025-11-25T08:46:39Z-
dc.date.available2025-11-25T08:46:39Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4333-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik ABK tunarungu yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan, mendengar, dan berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pembelajaran guru PAI dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran bagi peserta didik tunarungu dalam proses pembelajaran PAI di Sekolah Khusus (SKh) Assalam 01 Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek Penelitian ini terdiri dari 5 informan, yaitu Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, dan 3 wali kelas dan guru PAI SKh Assalam 01. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik Kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pembelajaran guru PAI di Sekolah Khusus (SKh) Assalam 01 Tangerang Selatan dirancang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik tunarungu. Guru PAI menggunakan 10 aspek dalam strategi pembelajaran yang dilakukan, diantaranya yaitu: sarana pembelajaran yang belum tersedia secara optimal, penyampaian tujuan pembelajaran secara visual dan konkret karena menggunakan bahasa isyarat dan media, pemberian motivasi melalui kegiatan kreatif dengan mengadakan lomba-lomba, penggunaan media visual dan praktik, penguasaan kelas dengan membentuk letter U agar siswa bisa melihat komunikasi guru secara menyeluruh, penciptaan suasana kondusif dengan metode MMR (Metode Maternal Reflektif), variasi penyajian materi sesuai dengan kemampuan siswa, pemberian kesempatan untuk bertanya melalui film edukasi, penugasan berbasis praktik, serta evaluasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak tunarungu.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi pembelajaranen_US
dc.subjectABK Tunarunguen_US
dc.subjectGuru Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunarungu Di Sekolah Khusus (SKh) Assalam 01 Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
37-21312375.pdf
  Restricted Access
4.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
37-21312375_Publik.pdf
  Restricted Access
1.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.