Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4348Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Faza Karimatul Akhlak | - |
| dc.contributor.author | Khairunisa Rahmawati, 21312404 | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-26T02:38:43Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-26T02:38:43Z | - |
| dc.date.issued | 2025 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4348 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaiman pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa sebagai salah satu kompetensi utama dalam menghadapi tantangan abad ke-2. Namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pengembangan kreativitasnya, salah satunya dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAIT Raflesia Depok. Pembelajaran kooperatif ini fokus pada tipe Think Pair Share. Metode pembelajaran kooperatif dipilih karena tingkat interaksi dan Kerjasama antar siswa yang diyakini dapat merangsang kreativitas. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data dari responden melalui kuesioner. Populasi yang menjadi focus penelitian Adalah siswa kelas XI di SMAIT Raflesia Depok, dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dan hubungan antara metode pembelajaran TPS dengan berpikir kreatif, namun hanya sedikit. Dari hasil analisis, kita mendapatkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,306. R square 10,5%. Dan uji hipotesis lebih kecil dari 0,05. Nilai ini menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel, tetapi dalam kategori lemah. Dan pengaruh lainnya diluar dari variable model pembelajaran TPS. Temuan ini xxiii mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, yang sangat penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
| dc.subject | model pembelajaran kooperatif | en_US |
| dc.subject | Pendidikan islam | en_US |
| dc.subject | keterampilan berpikir kreatif | en_US |
| dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smait Raflesia Depok | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 50-21312404.pdf Restricted Access | 3.04 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 50-21312404_Publik.pdf Restricted Access | 2.08 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.