Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4349
Title: Strategi Pembinaan Fahmil Al-Quran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA IT Al-Quraniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan
Authors: Maitsaa Fauziyyah, 21312414
Advisor: Yanti Susanti
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pembinaan pemahaman Al-Qur’an melalui Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) memiliki potensi strategis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembinaan Fahmil Qur’an serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa di SMA IT Al-Qur’aniyyah, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini meliputi bagaimana implementasi dan strategi pembinaan Fahmil Qur’an diterapkan, serta sejauh mana pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 7 informan, yaitu: 3 pembina Fahmil Al-qur’an dan 4 siswa/santri di SMA IT Al-Qur’aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan. Teknik analisis data dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembinaan Fahmil Qur’an dilakukan secara bertahap dan terstruktur, mencakup pelatihan intensif, pendekatan dialogis, dan penguatan nilai-nilai spiritual siswa. Faktor pendukung strategi ini antara lain komitmen pembina, kurikulum yang mendukung, dan partisipasi aktif siswa. Sedangkan tantangannya meliputi keterbatasan waktu, variasi kemampuan siswa, dan ketersediaan sumber daya. Kesimpulannya, pembinaan Fahmil Qur’an memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun spiritual. Penelitian ini juga merekomendasikan agar lembaga pendidikan lain mengadopsi strategi serupa dalam upaya peningkatan mutu pendidikan berbasis AlQur’an.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4349
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
52-21312414.pdf
  Restricted Access
3.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
52-21312414_Publik.pdf
  Restricted Access
1.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.