Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4352
Title: Penerapan Murajaah dengan Metode Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Quran di SDIT Al-Quraniyyah Tangerang Selatan
Authors: Najlla Ummuslimah, 21312425
Advisor: Kurnia Akbar
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini di latarbelakangi dengan adanya proses menghafal AlQur’an yang cenderung monoton sehingga menyebabkan kurangnya motivasi dan semangat belajar siswa dalam menjaga hafalannya. Salah satu bentuk inovasi baru yaitu dengan adanya menggabungkan muraja’ah dengan Game Based Learning melalui media seperti Quizizz yang dapat meningkatkan minat dan kemampuan hafalan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana Penerapan Muraja’ah dengan metode Game Based Learning dapat meningkatkan hafalan siswa disekolah tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini diambil dari kurangnya motivasi dan semangat belajar siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini berbeda dari penelitian terdahulu karena menitik beratkan pada penerapan muraja’ah yang dipadukan dengan pendekatan Game Based Learning sebagai inovasi baru dalam meningkatkan kualitas hafalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sengan subjek yang meliputi Wakil Kepala Sekolah, Guru Tahfidz, dan 4 siswa kelas VI SDIT Al-Qur’aniyyah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dilapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan muraja’ah dengan metode Game Based Learning terbuti efektif dalam meningkatkan hafalan AlQur’an siswa di SDIT Al-Qur’aniyyah. Terutama dari aspek kelancaran hafalan. Metode ini memenuhi karakteristik Game Based Learning seperti, interaktif dan kompetitif, randomisasi soal, time-bound, pemantauan oleh guru, fleksibelitas akses serta penyesuaian tingkat kesulitan yang dimana siswa tidak hanya terlibat secara kognitif tetapi juga secara emosional yang menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Meskipun demikian aspek ketepatan tajwid dan kefasihan belum mengalami peningkatan yang signifikan jika hanya mengandalkan metode game, karena metode ini lebih menekankan pada hafalan teks sedangkan ketepatan tajwid dan kefasihan memerlukan pembelajaran secara tatap muka agar dapat berkembang secara optimal.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4352
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
55-21312474.pdf
  Restricted Access
3.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
55-21312474_Publik.pdf
  Restricted Access
1.97 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.