Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4357| Title: | Implementasi Pembiasaan Ibadah Sholat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SDIT AlAzkar Pamulang |
| Authors: | Warinih, 21312478 |
| Advisor: | Eka Naelia Rahmah |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
| Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi karena minimnya pembiasaan sholat dhuha jika peserta didik libur sekolah serta masih terdapat peserta didik yang belum disiplin dalam melaksanakan sholat dhuha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembiasaan ibadah sholat dhuha berjama’ah dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SDIT AlAzkar Pamulang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta subjek penelitian ini terdiri dari 7 informan, yaitu: Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru PAI, dan 4 peserta didik SDIT Al-Azkar Pamulang dan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembiasaan ibadah sholat dhuha terdapat tiga kegiatan, yaitu: 1) kegiatan rutin, pembiasaan ibadah sholat dhuha berjama’ah dilaksanakan secara rutin pada hari senin sampai jumat jam 07.10-07.45, 2) kegiatan spontan, dengan adanya sholat dhuha yang dilaksanakan secara rutin, peserta didik terbiasa dan terlatih secara spontan mengucap takbir, tasbih, tahmid dan basmalah di kehidupan sehari-hari. 3) keteladanan, guru memberikan teladan dengan cara ikut serta melaksanakan sholat dhuha dan memberikan motivasi kepada peserta didik setelah selesai melaksanakan sholat dhuha. Melalui pembiasaan ibadah sholat dhuha berjama’ah dapat membentuk karakter disiplin peserta didik, dilihat dari beberapa aspek, yaitu: aspek menaati tata tertib sekolah terlihat peserta didik datang ke sekolah tepat waktu salah satunya dengan pembiasaan sholat dhuha berjama’ah sehingga peserta didik terlatih karakter disiplin. Aspek perilaku kedisiplinan di dalam kelas yaitu peserta didik diharuskan berprilaku baik, khususnya pada saat melaksanakan pembiasaan sholat dhuha. Aspek disiplin dalam menepati jadwal belajar dibentuk dengan memberikan motivasi mengenai kepatuhan terhadap jadwal belajar dan pentingnya sholat dhuha. Aspek belajar secara teratur yaitu peserta didik dapat melaksanakan sholat dhuha secara teratur karena adanya jadwal dan waktu yang telah ditentukan. |
| URI: | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4357 |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 61-21312478.pdf Restricted Access | 4.35 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 61-21312478_Publik.pdf Restricted Access | 2.33 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.