Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/436
Title: Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Metode Bermain Bercerita dan Menyanyi (BBM) di Sekolah Alam Ar-Rahman Kids Cipayung Ciputat
Authors: Ulyatul Lathifah, 12311141
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Metode bermain, bercerita dan menyanyi yang disingkat dengan BBM merupakan salah satu nama metode pendekatan pendidikan agama islam yang popular dimasa kini. Bermain, bercerita dan menyanyi merupakan daya pikat terhadap fitrah kejiwaaan anak dengan pola pendekatan happy learning. Sekolah Alam Ar-Rahman Kids telah menggunakan metode BBM sebagai sarana pengenalan huruf hijaiyah. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui penerapan metode BBM dengan tujuan melihat peningkatan kemampuan siswa yang dihasilkan selama ini. Dari kajian teoritis, penulis memaparkan kemampuan siswa mengenal huruf hijaiyah, pengertian huruf hijaiyah dan makharij beserta pembagiannya, sifat-sifat, metode bermain, bercerita, menyanyi, manfaat, kelebihan serta kekurangannya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes lisan membaca huruf hijaiyah. Adapun teknis analisis data melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari metode bermain di kelas A (41,6%) dan B (37,5%) telah mencapai kategori yang sama yaitu Berkembang Sesuai Harapan (BSB) artinya anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru, sedangkan metode bercerita di kelas A (50%) dengan kategori masih dalam tahap perkembangan yakni anak masih perlu di ingatkan dan dicontohkan oleh guru dalam membaca atau mengenali huruf hijaiyah, pada kelas B (31,25%) mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yakni anak sudah mandiri tanpa perlu diingatkan, dan metode menyanyi di kelas A (54,10%) telah mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), kelas B (37,5%) BSH dan (37,5%) Mulai Berkembang (MB) yakni anak masih belum mandiri dan masih perlu dicontohkan oleh guru. Dari perolehan nilai hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa 1) metode bermain, bercerita dan menyanyi (BBM) sangat efektif dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini di Sekolah Alam Ar-Rahman Kids Cipayung Ciputat. 2) solusi dan saran yang direkomendasikan adalah: a) kepala sekolah beserta guru harus tetap berupaya meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah. b) guru harus meningkatkan kualitas diri dalam melaksanakan program yang ada di sekolah, sehingga apapun yang berkaitan dengan materi pembelajaran guru dapat mengeluarkan ide-ide yang kreatif dan inivatif. c) sekolah perlu melengkapi media sebagai sarana penunjang pembelajaran huruf hijaiyah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/436
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311141.pdf
  Restricted Access
2.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.