Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4371
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.authorFina Hadziqatur Rahmah, 21312381-
dc.date.accessioned2025-11-26T05:18:17Z-
dc.date.available2025-11-26T05:18:17Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4371-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan seseorang dalam menghadapi suatu masalah. Adversity Quotient merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki seseorang untuk tetap fokus dan bangkit dari kesulitan dalam proses belajar. Pada saat ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki ketahanan diri guna menghadapi tekanan akademik dan sosial. Oleh karena itu, pengembangan ketahanan diri penting sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan Adversity Quotient pada prestasi belajar mahasiswa anggota BKKBM IIQ Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket. Adapun teknik analisis data menggunakan korelasi spearman, serta subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif anggota Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) IIQ Jakarta berjumlah 176 orang, dengan penarikan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling sebesar 30% dari jumlah populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adversity Quotient tidak memiliki korelasi atau hubungan yang signifikan pada prestasi belajar mahasiswa anggota BKKBM IIQ Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan korelasi spearman yang menunjukkan angka rs (0,059) dengan taraf signifikan 5%, dan dalam interpretasi sederhana menunjukkan sifat korelasi yang sangat lemah atau dianggap tidak ada hubungan. Maka dari hasil ini diperlukan faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar selain Adversity Quotient, seperti metode belajar, motivasi internal, kualitas pengajaran, serta lingkungan akademik yang kondusif agar prestasi belajar optimal dapat dicapai.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectAdversity Quotienten_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectBKKBM IIQ Jakartaen_US
dc.titleHubungan Adversity Quotient Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Anggota Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarten_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
74-21312381.pdf
  Restricted Access
2.85 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
74-21312381_Publik.pdf
  Restricted Access
1.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.