Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4375| Title: | Implementasi Media Pembelajaran Educaplay Dan Baamboozle Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan |
| Authors: | Fira Sari Islami, 21312382 |
| Advisor: | Nadjematul Faizah |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
| Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena belum optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Sinar Cendekia, Tangerang Selatan, yang dalam beberapa semester sebelumnya masih terdapat sejumlah siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, pelaksanaan pembelajaran mengalami kendala seperti pergantian guru dan kurangnya variasi media pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan media pembelajaran Educaplay dan Baamboozle. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VIII setelah mengikuti pembelajaran PAI dengan media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek kepala sekolah, wali kelas, guru PAI, siswa kelas VIII, dan wali siswa. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kedua media tersebut mendukung peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan ketika observasi Asesmen SAS Ganjil sebelumnya. Hasil implementasi media pembelajaran Baamboozle menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM lebih tinggi dibandingkan Educaplay. Dari kedua media tersebut siswa yang tidak mencapai nilai KKM pada Baamboozle hanya 1 siswa dengan prsentase ketuntasan belajar mencapai 83,3%. Sedangkan Educaplay terdapat 5 siswa dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 96,6%. Meski demikian, keduanya dinilai efektif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, variatif, dan memudahkan guru dalam evaluasi pembelajaran. |
| URI: | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4375 |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 78-21312382.pdf Restricted Access | 7.23 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 78-21312382_Publik.pdf Restricted Access | 5.62 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.