Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4376
Title: Strategi Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman PAI Berbasis Multiple Intelligences Di MTs Pembangunan Tangerang Selatan
Authors: Lulu Olivia, 21312410
Advisor: Hasanah
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pembelajaran efektif dan efisien dicapai dengan strategi yang sesuai cara belajar siswa, salah satunya adalah strategi berbasis multiple intelligences yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan pemahaman PAI berbasis multiple intelligences dan kendala yang dihadapi ketika melaksanakan strategi multiple intelligences. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 5 informan yaitu: Kepala Sekolah, Guru, dan 3 Siswa MTs Pembangunan. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi, dan klasifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI berbasis multiple intelligences melalui (1) melakukan tes DAMI dan mengelompokkan jenis kecerdasan yang sama di satu kelas (2) membangun hubungan yang baik antara guru dengan murid selama proses pembelajaran (3) guru memperhatikan, merespon, dan memberikan apresiasi kepada peserta didik (4) menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kecerdasan masing-masing peserta didik (5) memastikan adanya dampak yang langsung terlihat setelah pemberian materi dan dampak tidak langsung yang terlihat. Kendala yang dihadapi ketika melaksanakan strategi pembelajaran multiple intelligences pada mata pelajaran PAI (1) ketika masuk di jam rawan seperti setelah istirahat (2) di jam mendekati waktu pulang sekolah, guru sesekali mendapati peserta didik kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, mengantuk, dan sulit memahami materi yang disampaikan.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4376
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
79-21312410.pdf
  Restricted Access
1.97 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
79-21312410_Publik.pdf
  Restricted Access
1.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.