Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4381Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Yanti Susanti | - |
| dc.contributor.author | Lia Indrianti, 21312407 | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-26T06:47:58Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-26T06:47:58Z | - |
| dc.date.issued | 2025 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4381 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pembelajaran akidah akhlak di sekolah dalam membentuk karakter dan perilaku siswa. Materi pembelajaran yang diberikan masih berfokus pada ranah kognitif saja, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan. Akibatnya, siswa hanya mengingat materi yang diberikan tanpa menerapkannya langsung dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, proses pembelajaran masih bersifat pada guru, sehingga sulit bagi siswa dalam mengembangkan pemahamannya untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 56 responden. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dari soal posttest menunjukkan bahwa kelas ekperimen memperoleh nilai sebesar 77,18 Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 76,79 yang artinya nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan ratarata nilai kelas kontrol. Sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test yang didapat dari post-test yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,908 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha . yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
| dc.subject | Contextual Teaching and Learning | en_US |
| dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
| dc.subject | Akidah Akhlak | en_US |
| dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Tangerang Selatan | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 84-21312407.pdf Restricted Access | 2.84 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 84-21312407_Publik.pdf Restricted Access | 1.83 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.