Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4381
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYanti Susanti-
dc.contributor.authorLia Indrianti, 21312407-
dc.date.accessioned2025-11-26T06:47:58Z-
dc.date.available2025-11-26T06:47:58Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4381-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pembelajaran akidah akhlak di sekolah dalam membentuk karakter dan perilaku siswa. Materi pembelajaran yang diberikan masih berfokus pada ranah kognitif saja, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan. Akibatnya, siswa hanya mengingat materi yang diberikan tanpa menerapkannya langsung dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, proses pembelajaran masih bersifat pada guru, sehingga sulit bagi siswa dalam mengembangkan pemahamannya untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 56 responden. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dari soal posttest menunjukkan bahwa kelas ekperimen memperoleh nilai sebesar 77,18 Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 76,79 yang artinya nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan ratarata nilai kelas kontrol. Sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test yang didapat dari post-test yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,908 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha . yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectContextual Teaching and Learningen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
84-21312407.pdf
  Restricted Access
2.84 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
84-21312407_Publik.pdf
  Restricted Access
1.83 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.