Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4384
Title: Penerapan Teknik Self-Disclosure Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Melalui Pembelajaran PAI Di SMP Al-Hasra Depok
Authors: Insani Nur Hidayati, 21312395
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pembelajaran yang efektif tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan keterampilan komunikasi siswa. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI adalah self-disclosure (keterbukaan diri), yaitu keberanian siswa untuk menyampaikan pengalaman, perasaan, maupun pendapat pribadinya. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan teknik self-disclosure serta dampaknya terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi, refleksi tertulis, dan wawancara. Informan penelitian berjumlah 11 orang, terdiri atas sembilan siswa kelas VIII SMP Al-Hasra Depok yang dipilih secara purposive, serta dua guru (guru BK dan guru PAI) sebagai pendukung data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik self-disclosure melalui pertanyaan reflektif, penulisan pengalaman pribadi, dan penyampaian lisan mendorong keberanian siswa, memperkuat ekspresi emosional, serta mengaitkan pengalaman dengan nilai-nilai Islam. Tingkat keterbukaan siswa terbagi dalam tiga tipe: Tipe 1 (berani tampil dan reflektif), Tipe 2 (tidak tampil namun refleksinya kuat), dan Tipe 3 (masih minim keterbukaan). Teknik ini berperan dalam mengembangkan komunikasi interpersonal sekaligus menanamkan aspek afektif, spiritual, dan sosial dalam pembelajaran PAI
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4384
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
86-21312395.pdf
  Restricted Access
6.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
86-21312395_Publik.pdf
  Restricted Access
4.63 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.