Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4407
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSri Tuti Rahmawati-
dc.contributor.advisorMuh. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet-
dc.contributor.authorMuhammad Yusuf Hasyim, 223430380-
dc.date.accessioned2025-11-26T09:12:39Z-
dc.date.available2025-11-26T09:12:39Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4407-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan halaqah Qur’aniyah dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Taqiya pada santri kelas 3 banīn di Pesantren Pondok Qur’an Bandung, mengimplementasikan konsep metode Taqiya yang dapat dikembangkan dalam kontek halaqah Qur’aniyah pada santri kelas 3 banīn di pesantren tersebut, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan metode Taqiya pada santri kelas 3 banīn di pesantren tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pemimping pesantren, 4 ustadz/ustadzah pembimbing halaqah, dan 7 santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pelaksanaan halaqah Qur’aniyah dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan metode Taqiya pada santri kelas 3 banīn di di Pesantren Pondok Qur’an Cilengkrang Bandung adalah pendekatan terstruktur dan berorientasi pada pencapaian kualitas Tahsin, dan sistem halaqah dilaksanakan setiap hari dalam kelompok kecil, dan pendampingan pengajar yang aktif, 2). Konsep metode Taqiya yang dapat dikembangkan dalam konteks halaqah Qur’aniyah pada santri tersebut adalah dengan pendekatan motivasional, spiritual dan adad, direkontruksi sebagai pendekatan pemebelajaran yang menumbuhkan kesadaran santri memebaca Al-Qur'an, dan pendekatan empatik dan keteladanan, dan 3). Faktor pendukung pelaksanaan halaqah Qur’aniyah dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan metode Taqiya pada santri tersebut adalah adanya dukungan yayasan, pengajar yang kompeten, kurikulum yang jelas dan tersedianya media pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu belajar, latar belakang santri yang berbeda, dan kurangnya kedisiplinan santri.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana IIQ Jakartaen_US
dc.subjectMetode Taqiyaen_US
dc.subjectHalaqah Qur’aniyahen_US
dc.subjectPembelajaran Al-Qur’anen_US
dc.titlePengembangan Metode Taqiya Melalui Halaqah Qur’aniyah pada Pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Pondok Qur’an Cilengkrang Kab. Bandungen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
223430380_Muhammad Yusuf Hasyim.pdf
  Restricted Access
223430380_Tesis4.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
223430380_Muhammad Yusuf Hasyim_BAB 1&5.pdf
  Restricted Access
223430380_Tesis_BAB 1&51.74 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.