Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4412Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Fajar Syarif | - |
| dc.contributor.advisor | Reksiana | - |
| dc.contributor.author | Adlina Avita Martias, 221430309 | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-26T09:53:58Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-26T09:53:58Z | - |
| dc.date.issued | 2025 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4412 | - |
| dc.description.abstract | Keahlian seorang pendidik dalam memahami pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten TPACK merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipungkiri. Mengajar merupakan suatu kegiatan yang kompleks karena proses belajar mengajar berkenaan pada kecakapan isi atau bahan ajar (content pengetahuan) bagi siswa. Sementara itu, mengajar juga menyangkut kecakapan cara mengajarkan materi (mengajarkan ilmu) kepada siswa. Kemudian mengajar juga dikaitkan dengan kemampuan menggunakan sarana teknologi (technological knowledge) dengan baik dalam pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa guru yang belum menyempurnakan standar kompetensi mengajar yang mengakibatkan menurunnya semangat dalam menghafal serta bacaan Al Qur’an yang belum sesuai standar kaidah hukum tajwid. Fokus penelitian tesis ini adalah: (1) profesional guru dalam meningkatkan technological pedagogical kontent knowledge (TPACK), (2) tantangan guru dalam meningkatkan technological pedagogical Content knowledge (TPACK). Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) MTs Al Ittihadiyah sudah menggunakan beberapa alat teknologi untuk menunjang pembelajaran Al-Qur’an disekolah seperti menggunakan aplikasi SIMTAF sekolah, menggunakan proyektor, dan sudah menggunakan jaringan internet untum ujian/evaluasi tajwid. Guru Al-Qur'an berupaya meningkatkan TPACK dengan mengikuti pelatihan-pelatihan Al-Qur’an, mengikuti pelatihan teknologi untuk mengikuti zaman, serta dalam mengajar harus didasari dengan niat ikhlas, dan amanah. (2) Tantangan TPACK meliputi kompetensi teknologi yang belum merata, waktu mengajar yang terbatas, dan akses teknologi siswa. Guru mengatasinya melalui strategi adaptif Qur'ani, pemanfaatan fasilitas yang ada, dan kolaborasi antar guru. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Program Pascasarjana IIQ Jakarta | en_US |
| dc.subject | Profesionalisme Guru | en_US |
| dc.subject | Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) | en_US |
| dc.title | Profesionalisme Guru Al-Qur’an dalam Meningkatkan TPACK pada MTS Al Ittihadiyah Pekanbaru | en_US |
| dc.type | Tesis | en_US |
| Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 221430309_Adlina Avita Martias.pdf Restricted Access | 221430309_Tesis | 4.28 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
| 221430309_Adlina Avita Martias_BAB 1&5.pdf Restricted Access | 221430309_Tesis_BAB 1&5 | 1.97 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.