Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4464
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyafaat Muhari-
dc.contributor.authorNurlaeli, 21120071-
dc.date.accessioned2025-11-27T08:14:47Z-
dc.date.available2025-11-27T08:14:47Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4464-
dc.description.abstractZakat produktif merupakan salah satu upaya strategis dalam membantu mengatasi persoalan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro. Namun, belum banyak penelitian yang menilai efektivitas layanan program ini dari sudut pandang penerima manfaat secara langsung. Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah mengenai bagaimana persepsi mustahik terhadap kualitas pelayanan program zakat produktif yang dijalankan oleh BAZNAS Subang dan kesenjangan antara harapan dan realita yang dirasakan Mustahik program pemberian modal usaha. Berbeda dari penelitian terdahulu yang umumnya menekankan pada aspek pelaksanaan program atau hasil ekonomi secara mikro, penelitian ini fokus pada kualitas layanan lembaga dari sisi harapan dan pengalaman mustahik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 19 mustahik. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan uji analisis distribusi frekuensi untuk melihat persebaran persen dalam setiap indikator, analisis uji wilcoxon dan scatter plot untuk melihat persebaran setiap responden, berdasarkan model SERVQUAL yang mencakup lima dimensi: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Hasil penelitian menunjukkan, Pertama kesenjangan pada pelayanan lembaga BAZNAS Subang yaitu, adanya persepsi Mustahik yang cukup tinggi terkait pelayanan Zakat pada BAZNAS Subang, menunjukan hasil visualisasi scatterplot sebagian besar indikator berada di bawah garis ideal, dengan kata lain tingkat kepuasan mustahik terhadap program masih lebih rendah dibandingkan tingkat harapan Mustahik. Kedua, ditemukannya kesenjangan terkait harapan dan realita pada aspek kecepatan petugas dalam merespon dan lembaga dalam memberikan pelayanan, yang dimana aspek ini menjadi perhatian untuk perbaikan dan menunjukkan pentingnya peningkatan pelayanan agar zakat produktif lebih optimal, berkelanjutan, dan tepat sasaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectZakat Produktifen_US
dc.subjectSERVQUALen_US
dc.subjectBAZNAS Subangen_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.subjectScatter Ploten_US
dc.titleEvaluasi Pelayanan Dalam Program Pendayagunaan Zakat Produktif Di Baznas Kabupaten Subangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Manajemen Zakat Wakaf

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11-21120071.pdf5.03 MBAdobe PDFView/Open
11-21120071_Publik.pdf4.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.