Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/454
Title: Penerapan Metode STIFIn dalam Menghafal Al-Qur‟an (penelitian pada program tahfizh 30 Juz selama tujuh bulan di Rumah Qur’an STIFIn Bekasi)
Authors: Luthfiyyah Nabilah, 12311164
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode STIFIn yang digunakan dalam menghafal Al-Qur‟an. Adapun dasar pemikiran penulis mengangkat judul tersebut dalam skripsi ini adalah mengingat begitu besarnya keutamaan menghafal Al-Qur‟an di dunia khususnya di akhirat serta janji Allah akan memudahkan mempelajarinya, seharusnya menjadi semangat untuk terus mempelajari Al-Qur‟an, salah satunya dengan menghafalnya. Metode STIFIn menjadi daya tarik tersendiri karena menggunakan mesin kecerdasan STIFIn dalam mengetahui sistem kerja dan kemampuan otak yang dimiliki guna mempermudah cara menghafal. Penulis dengan rasa ingin tahu tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapan metode STIFIn di Rumah Qur’an STIFIn. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan dan pustaka, serta termasuk penelitian deskriptif analisis. Penulis meneliti secara pustaka dan lapangan yang kemudian menghasilkan bahwa metode STIFIn dapat membuat sebagian besar santri Rumah Qur’an STIFIn lebih mudah dalam menghafal Al-Qur‟an. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode STIFIn di Rumah Qur’an STIFIn salah satu contohnya pada angkatan kelima telah terbukti mencetak 27 santri penghafal Al-Qur‟an yang berhasil melaksanakan program menghafal Al-Qur‟an 30 juz selama tujuh bulan dari total keseluruhan 37 santri dengan presentase kelulusan 73%.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/454
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311164.pdf
  Restricted Access
2.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.