Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/466
Title: Hubungan Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tangerang Selatan)
Authors: Subair Hidayati, 12311182
Advisor: Artani Hasbi
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanan hubungan kedisiplinan guru PAI dengan motivasi belajar siswa. Disiplin dalam pelaksanaan tugas seorang guru merupakan suatu tuntutan dan keharusan. Sebaliknya, disiplin yang kurang dari seorang guru akan berimplikasi pada kurangnya semangat belajar siswa. Selain itu disiplin yang kurang juga akan berpengaruh pada hasil belajar yang tidak maksimal. Dengan demikian disiplin mutlak diperlukan dalam proses pendidikan dan pengajaran demi terciptanya keteraturan dan ketertiban serta stabilitas kelas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang bersifat korelasi (reseach corelation), yaitu mencari antara dua variabel yaitu varibel X (kedisiplinan guru) dan variabel Y (motivasi beajara). Datanya dipoleh dari hasil observasi, wawancara dan menggunakan angket yang diberikan kepada responden serta pengelolaan datannya dengan menggunakan rumus statistik “Product Moment”. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara kedisiplinan guru dengan motivasi siswa di MIN 1 Tangerang Selatan. Yaitu dibuktikan dari hasil perhitungan prosentase dengan menggunakan rumus korelasi product moment, hasil yang didapatkan angka indeks korelasi sebesar 0,392 yang berkisar antara 0,20-0,40 menyatakan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang lemah atau rendah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/466
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311182.pdf
  Restricted Access
3.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.