Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/470
Title: Penerapan Kurikulum Ganda Pengajaran PAI di Satu Sekolah (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Kota Tangerang Selatan)
Authors: Wawah Mawaddah, 12311186
Advisor: Ahmad Syafi’ie Noor
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah Pada pertengahan tahun ajaran 2014/2015 adanya himbauan dari KEMENDIKBUD kepada kepala sekolah di indonesia, atas diteruskannya penerapan kurikulum 2013 dan kembalinya kepada kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Hal ini akan menimbulkan terjadinya dualisme tidak saja antar sekolah, tetapi juga dalam satu sekolah. Hal itu dikarenakan pemberlakuan kurikulum 2013 tidak serentak di semua kelas dalam satu sekolah. Seperti keadaan yang terjadi di MIN I Kota Tangerang Selatan. Sehingga dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah: Bagaimana penerapan kurikulum ganda pengajaran PAI di satu sekolah? Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pengambilan sampel sebanyak 75% dari populasi yang ada. Analisi data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: (1). Tidak adanya perbedaan yang signifikan, antara penerapan KTSP dan Kurikulum 2013 dalam pengajaran PAI, yang ada hanya pada aspek penilaian dan tahapan pembelajarannya saja, hal ini dapat dilihat pada bentuk RPP dalam lampiran skripsi ini. (2). Tidak terdapatnya kendala yang berarti dalam proses pembelajaran, hal ini karena dapat diantisipasi dengan kreatifitas guru dalam metode pembelajaran.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/470
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311186.pdf
  Restricted Access
3.74 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.