Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/480
Title: Pengaruh Keistiqamahan Pelaksanaan Salat Tahajud Terhadap Kecerdasan Emosional (Studi Kasus di SMP Annaja Islamic Boarding School)
Authors: Abiila Zainatul Millah, 13311191
Advisor: Artani Hasbi
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: merupakan suatu kebutuhan dalam hidup. Selain karena bentuk pengahmbaan kepada Allah, salat tahajud memilki keistimewaan-keiitemewaan bagi yang melaksankannya. Penulis tertarik terhadap pelaksanaan salat tahajud yang dilakukan secara istiqamah setiap harinya oleh siswa-siswi sekolah menengah pertama An-naja Islamic Boarding School, dimana pada zaman sekarang pergaulan anak remaja usia sekolah menengah pertama cukup memprihatinkan. Alasan penulis memilih sekolah inimenjadi tempat penelitian penulis tidak hanya membiasakan siswa-siswi belajar dengan baik tetapi juga membiasakan salat-salat sunah untuk membentuk kepribadian serta kerohanian yang seimbang dan selaras. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu suatu penelitian yang hasil penelitiannya berupa angka-angka dan dihitung menggunakan perhitungan statistik. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian serta pengujian hipotesis yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa dari perhitungan angka korelasi antara variabel X (keistiqamahan pelaksanaan salat tahajud) dengan variabel Y (kecerdasan emosional) dengan menggunakan product moment, besarnya rxy diperoleh nilai sebesar 0,639 yang terletak antara 0,40-0,60 yang berarti terdapat korelasi/pengaruh yang sedang atau cukup. Maka penulis mengambil kesimpulan pada taraf signifikan 5% dan 1% yang mana rhitung lebih besar dari rtabel sehingga dengan demikian maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/480
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311191.pdf
  Restricted Access
9.53 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.