Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/481
Title: Studi Komparasi Akhlak antara Siswa Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Siswa Program Keagamaan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 2) Jakarta
Authors: Afifah Arrodiyah, 13311192
Advisor: Ali Mursyid
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang peneliti memilih judul ini adalah dikarenakan beberapa alasan diantaranya, 1) Menurunnya nilainilai moral dan nilai-nilai karakter atau akhlak anak dan remaja, 2) Kenakalan remaja tidak hanya terjadi di sekolahsekolah umum saja namun Madrasah yang merupakan lembaga pendidikan Islam dalam beberapa kasus telah didapati pelanggaran-pelanggaran nilai akhlak dan moral, 3) pada beberapa peristiwa yang terjadi di masyarakat murid atau alumni suatu lembaga pendidikan umum terkadang lebih menunjukan sisi keagamaan yang baik jika dibandingkan dengan murid atu alumni lembaga pendidikan Islam, karena itulah penelitian ini menjadi penting dilakukan Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah, 1) Adakah perbedaan antara akhlak siswa Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Siswa Progam Keagamaan?, dan 2) Sejauh mana perbedaaan antara akhlak siswa Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Siswa Progam Keagamaan ?. Metodologi penelitian yang digunakan untuk membahas masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ialah angket, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis komparasional. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara akhlak siswa Program IPA dengan akhlak siswa Program Keagamaan. Hal ini didasarkan pada perhitungan statistik pada taraf signifikan 5% (to = 1,46 dan tt = 2,05) maupun pada taraf signifikan 1% (to = 1,46 dan tt = 2,76), karena t hitung < t tabel, dengan demikian hasilnya dinyatakan tidak signifikan dan hipotesis nol diterima sedangkan hipotesis alternatif ditolak.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/481
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311192.pdf
  Restricted Access
6.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.