Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/483
Title: Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an pada Program Kelas Takhasus Tahfizh” (Studi Kasus SMP Adzkia Islamic School Serua Ciputat Tangerang Selatan)
Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an pada Program Kelas Takhasus Tahfizh” (Studi Kasus SMP Adzkia Islamic School Serua Ciputat Tangerang Selatan)
Authors: Galuh Fathatul Maula, 13311197
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Galuh Fathatul Maula (13311197). Skripsi ini dengan judul “Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an pada Program Kelas Takhasus Tahfizh” (Studi Kasus SMP Adzkia Islamic School Serua Ciputat Tangerang Selatan). Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta. Seiring dengan berkembangnya teknologi serta kemajuan zaman, maka berbagai metode ditemukan untuk mencapai suatu tujuan, salah satunya berkaitan dengan menghafal Al-Quran, metode yang digunakan oleh SMP Adzkia Islamic School dalam menghafal Al-Quran yang diterapkan kepada siswa-siswanya sangat relevan sekali dengan perkembangan zaman, terbukti dengan banyaknya siswa yang berminat dan mampu menghafal Al-Quran dengan cepat, baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun langkah-langkah yang ditempuh saat penelitian yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan dalam pembelajaran tahfizh Al-Quran di SMP Adzkia Islamic School adalah cukup baik dan lancar. Di mana sebagian besar peserta didik bisa menghafal minimal dua juz sesuai yang ditargetkan oleh pihak sekolah, bahkan ada beberapa siswa yang dapat melebihi target yang telah ditentukan. Hal ini disebabkan dalam kegiatan pembelajarannya para ustadz menggunakan metode bin-nazhar, talaqi serta takrir/muroja’ah yang terjadwal sistematik secara variatif sebagai sarana pendukung untuk memudahkan peserta didik mengingat hafalan yang baru maupun yang lama. Ada pun kendala yang dijumpai dalam proses pembelajaran Tahfizh Al- Qur‟an antara lain adanya sebagian siswa /peserta didik yang kurang menyadari pentingnya menghafal Al-Quran dan kurangnya jam khusus untuk kegiatan menghafal Al-Qur‟an sehingga pihak sekolah masih melakukakn upaya-upaya tertentu agar peserta didik dapat menyelesaikan hafalannya sesuai target yang ditetapkan.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/483
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311197.pdf
  Restricted Access
5.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.