Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/509
Title: Pengaruh Lingkungan Keluarga Sebagai Pusat Pendidikan Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMPN 177 Jakarta Selatan
Authors: Ummu Fadhilah, 13311222
Advisor: Ali Mursyid
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penulis tertarik dengan judul ini karena berdasarkan pengalaman yang pernah penulis lakukan selama melakukan kegiatan pesantren Ramadhan di SMPN 177 Jakarta Selatan, bahwasannya prestasi dan kedisiplinan siswa di SMPN 177 cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dalam melakukan kedisiplinan siswa di SMPN 177 Jakarta Selatan, dan sejauh mana pengaruh lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 177 Jakarta Selatan. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode diskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun pengisian angket dilaksanakan kelas VIII SMPN 177 sebanyak 50 orang dan dilakukan secara acak.Wawancara dilakukan kepada bapak Tursan S.Pd sebagai wakil kepala sekolah dan Reka Putri salah satu siswa kelas VIII. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Product Moment. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan, baik pada variabel X yaitu lingkungan keluarga, maupun pada variabel Y yaitu kedisiplinan siswa. Hal ini ditunjukan dengan rhitung lebih besar yaitu 0,637 dari rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu = 0,273 (rxy=0,637 > rt=0,273) maupunpada tarif signifikan 1% = 0,354 (rxy=0,637 > rt=0,354). Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 177 Jakarta Selatan. Sehingga dapat dikatakan semakin disiplin lingkungan keluarga siswa, maka semakin disiplin pula siswa di sekolah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/509
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311222.pdf
  Restricted Access
4.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.