Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/514
Title: Pengaruh Program Kegiatan Metode Amtsilati dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Kitab Kuning (Studi Kasus Mahasiswi IIQ semester 2 di Pesantren Takhassus IIQ Jakarta)
Authors: Arina Alfa Khasanatin, 13311227
Advisor: Ahmad Dimyati Badruzzaman
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penulisan skripsi ini melihat dari kedudukan bahasa Arab sangat penting untuk dipelajari karena menjadi bagian integral Al-Qur’an yang bunyi dan pengucapannya memengang peranan penting dalam Islam, begitu juga kitab kuning yang sama pentingnya dengan bahasa Arab. Motivasi mahasiswi dalam mempelajari kitab kuning perlu dibangun dan dikembangkan. Salah satu cara untuk membangun dan mengembangkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan bagi peserta didik. Amtsilati merupakan metode terbaru dan praktis bagi para pemula untuk mendalami Al-Qur’an dan membaca kitab kuning, sehingga dapat membantu para Mahasiswi untuk bisa membaca dan memahami kitab kuning. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program kegiatan metode Amtsilati dalam meningkatkan motivasi belajar membaca kitab kuning pada Mahasiswi semester 2 di Pesantren Takhassus “IIQ Jakarta”. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode Deskriptif Korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan rumus Product Moment. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner/ angket. Untuk lebih melengkapi pembuatan skripi ini, penulispun menggunakan sumber literatur buku yakni sumber buku, skripsi dan hasil wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti dapat simpulkan bahwa hasil analisis data penelitian dengan sampel 50 mahasiswi dari jumlah populasi 200 mahasiswi menunjukan nilai korelasi sebesar 0,4500701 dengan df sebesar 48 maka diperoleh taraf signifikan 5% “r” tabel sebesar 0,273 dan taraf signifikan 1% “r” tabel sebesar 0,354. Berdasarkan data tersebut, maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menyatakan terdapat korelasi yang signifikan antara Program Kegiatan Metode Amtsilati (variabel X) dengan Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Kitab Kuning (variabel Y) dengan korelasi positif yang sedang dan cukup, sedangkan Hipotesis nihil (Ho) ditolak.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/514
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311227.pdf
  Restricted Access
6.33 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.