Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/515
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSururin-
dc.contributor.authorCholisotul Ilmiah, 13311229-
dc.date.accessioned2020-02-24T08:05:17Z-
dc.date.available2020-02-24T08:05:17Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/515-
dc.description.abstractPendidikan Islam memegang peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas manusia pada zaman ini, sehingga mutu dan sistem pendidikan islam akan dapat di tentukan keberhasilannya salah satunya melalui penyusunan, dan penerapan kurikulumnya. Sehingga perlu dilaksanakan penerapan kurikulum yang tepat pada proses belajar-mengajar di tingkat lembaga pendidikan Islam. Konteks tersebut mendorong peneliti mengadakan riset mengenai implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan; bagaimana penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah yang memiliki sistem boarding school yaitu SMP Plus Ar-Rahmat., serta mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Ar-Rahmat. Pendekatan yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah pendekatan penelititan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas, baik berupa buku, arsip sekolah, jurnal yang mengarah kepada pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro adalah Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) sejak tahun 2006, dan implementasi kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Ar-Rahmat berjalan dengan maksimal dan kondusif, karen sistem pendidikan lembaga ini berbasis boarding school, sehingga menjadi faktor pendukung implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam. Sedangkan evaluasi pembelajaran baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik berjalan seimbang dan terlaksana dengan cukup sempurna.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasi, Kurikulum Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311229.pdf
  Restricted Access
3.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.