Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/520
Title: Penerapan Metode Muraja’ah dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an (Studi kasus di Pondok Pesantren Cahaya Azami Takengon Aceh Tengah)
Authors: Ita Wulandari, 13311239
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode Muraja’ah yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an. Adapun dasar pemikiran penulis mengangkat judul tersebut dalam skripsi ini mengingat begitu besarnya keutamaan menghafal Al-Qur’an di dunia khususnya di akhirat serta janji Allah selalu memudahkan mempelajarinya, seharusnya menjadi semangat untuk terus mempelajari Al- Qur’an, salah satunya dengan menghafalnya. Metode Muraja’ah menjadi daya tarik tersendiri karena berapapun banyak hafalan Al-Qur’an yang di peroleh jika tidak ada metode untuk mengulangnya maka lambat laun hafalan tersebut akan segera pudar dari ingatan. Oleh karena itu penulis dengan rasa ingin tahu tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapan metode Muraja’ah di Pesantren Cahaya Azami Takengon Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan dan pustaka, serta termasuk penelitian deskriptif analisis. Dimana peneliti secara khusus terjun langsung ke lapangan. Untuk mendapatkan data-data tentang metode Muraja’ah, maka penulis meneliti dengan menggunakan kajian pustaka, dengan buku-buku yang terkait dengan pembahasan ini. Penulis meneliti secara pustaka dan lapangan yang kemudian menghasilkan bahwa metode Muraja’ah dapat membuat sebagian besar santri pesantren Cahaya Azami lebih mudah dalam menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan metode Muraja’ah pada angkatan kedua di Pesantren Cahaya Azami Takengon membuktikan bahwa metode Muraja’ah mampu meningkatkan kualitas hafalan para santri. Dengan demikian penulis mendapatkan hasil bahwa metode Muraja’ah yang diterapkan oleh pihak Pesantren Cahaya Azami Takengon, membawa pengaruh positif dalam meningkatkan kualitas hafalan para santri. Bahkan selain kualitas hafalan tersebut bagus dan lancar, kualitas bacaan santri tersebut juga dinilai bagus.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/520
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311239.pdf
  Restricted Access
4.49 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.